fbpx

peekholidays-apiawards2021

Halo, saya Tracy!

Saya lahir di Indonesia berpuluh-puluh tahun lalu di sebuah kota di Sumatera Utara yang tidak kalah padatnya dengan Jakarta – domisili tempat saya tinggal sekarang. Sejak kecil, saya suka dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan seni dan kreatifitas. Tidak heran kalau sewaktu kuliah, saya mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual. Setelah beberapa tahun bekerja di Jakarta dan kurang lebih 12 tahun di Singapura, saya akhirnya memutuskan untuk kembali ke Indonesia.

Blog perjalanan saya, Peek Holidays, berawal dari ketertarikan saya akan dunia jalan-jalan dan membagikan pengalaman saya ke banyak orang. Kecintaan saya akan wisata di Indonesia lahir ketika saya masih tinggal di Singapura. Dan sejak itu, saya memperkenalkan wisata di Indonesia tidak hanya sebatas kepada teman-teman saya di Indonesia, tetapi juga yang berasal dari luar negeri.

Ceritaku Sebagai API Awards Ambassador

2020

peekholidays-api awards ambassador

2021

peekholidays-apiawards2021 ambassador

2022

peekholidays-tracy api awards ambassadors 2022

Tahun 2020 adalah tahun pertama saya terlibat di acara tahunan API Awards sebagai salah satu Ambassador. Di kala itu, hampir seluruh dunia sedang mengalami masa-masa sulit karena pandemi, termasuk Indonesia. Dan boleh dibilang industri pariwisata runtuh karena semua pergerakan baik di kota besar maupun di daerah, mengalami pembatasan.

Ketika mendapat penawaran untuk menjadi salah satu Ambassador API Award dan setelah paham tentang tujuan dan peran sebagai Ambassador, saya langsung menerima tawaran tersebut. Saya melihat adanya potensi dari adanya API Awards ini terhadap dunia pariwisata, khususnya Indonesia, yang pada saat itu sudah sangat lesu. Saya berpikir setidaknya apa yang dikerjakan sedikit banyak akan memberi semangat kepada teman-teman yang di daerah, para pelaku wisata, maupun untuk kita semua yang saat itu sepertinya sudah hampir menyerah karena tidak ada pilihan lain selain berdiam di rumah saja.

Tentunya saya berharap API Awards tidak hanya memberi dampak kepada dunia pariwisata di Indonesia sampai sejauh ini saja. Tetapi akan semakin berkembang dan semakin banyak potensi-potensi di daerah yang tergali. Bagi saya, API Awards tidaklah hanya soal kemenangan atau nominasi mana yang terbaik. Akan tetapi, lebih ke arah menumbuhkan kesatuan dan kebersamaan kita semua untuk sama-sama mendukung potensi pariwisata yang ada di Indonesia. Karena kalau bukan kita, siapa lagi? 

" Bagi saya, menjadi salah satu Ambassador API Awards itu memiliki kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri. "

Apa Yang Saya Lakukan Sebagai Ambassador

ARTIKEL

Semua informasi mengenai nominasi yang disampaikan ke saya baik berupa lisan maupun tulisan, dan juga hasil liputan selama perjalanan yang diakomodir oleh berbagai instansi setempat, akan dirubah menjadi bentuk tulisan.

(English/Indonesian)

VIDEO

Selain promosi melalui tulisan di blog, materi-materi soal nominasi, bila memungkinkan, akan dipromosi melalui YouTube dan platform social media lain yang mendukung video juga.

SOCIAL MEDIA LIVE

Secara berkala, akan diadakan live talk lewat Instagram API Award untuk mempromosikan nominasi-nominasi yang sudah lolos seleksi ke 10 besar dari setiap kategori.

peekholidays-apitraveltalk

PODCAST

Sejak akhir tahun 2021, saya mencoba merambah audience baru lewat travel storytelling dan juga live talk dengan topik umum melalui podcast Whale Up! by Peek Holidays.

Tentang Alam dan Saya

Sebagai anak kota yang sepanjang hidupnya tinggal di kota besar, soal alam bukanlah sesuatu yang dekat dengan saya hingga tahun 2013, ketika saya melakukan pendakian untuk pertama kalinya. Sejak itu, rasa cinta saya akan alam tumbuh seketika dan terus bertumbuh sampai sekarang. Menyadari bahwa manusia berperan besar dalam menjaga kelestarian lingkungan, tidak bosan-bosannya saya menceritakannya ketika berkesempatan untuk membagikan pandangan dan pengetahuan saya soal pentinganya menjaga keseimbangan alam – baik di darat maupun di laut.

Salah satu upaya konservasi alam yang saya dukung adalah penanaman terumbu karang di kawasan Pulau Seribu di Jakarta dan Padang Bai di Bali. Tahun 2018 merupakan pertama kalinya saya melihat dan melakukan langsung usaha penanaman terumbu karang di Pulau Seribu. Usaha konservasi di area ini diinisiasi oleh Livingseas Asia, sebuah perusahaan scuba diving yang memiliki fokus utama dalam konservasi laut berlokasi di Jakarta dan Bali.

Apa Kata Teman-Teman

peekholidays-feedback MBD
peekkholidays-apiaward

" I have no special talent, I am only passionately curious. "

– Albert Einstein

Akan lebih banyak hal yang bisa dicapai bila dikerjakan bersama-sama. Sekiranya ada pertanyaan atau ingin diskusi soal kerjasama seputar API Awards, bisa menghubungi saya melalui email ke [email protected]

Salam Pariwisata,

Tracy Chong

2,446FansLike
5,636FollowersFollow
1,119FollowersFollow
1,531FollowersFollow
230SubscribersSubscribe